ISO TL 9000 Sistem Manajemen Mutu Industri Telekomunikasi atau Supplier Industri Telekomunikasi

TL 9000 terdiri dari 2 handbook :

      • Handbook Persyaratan (Requirement)
      • Handbook Pengukuran (Measurement)

Persyaratan dibangun dari Standar-standar Industri Telekomunikasi yang telah ada, termasuk ISO 9001

Pengukuran adalah alat untuk mengukur Progres dan meng Evaluasi hasil implementasi Sistem Manajemen Mutu

Perusahaan Telekomunikasi atau Supplier Industri Telekomunikasi, dibedakan menurut jenis produknya :

      • Piranti Keras (Hardware)          = H
      • Piranti Lunak (Software)           = S
      • Jasa (Service)                                = V

Atau

      • Hardware dan Software                       = HS
      • Hardware dan Service                          = HV
      • Software dan Service                             = SV
      • Hardware, Software dan Service       = HSV

Target TL 9000

  • Meningkatkan Sistem Manajemen Mutu (SMM)  sehingga Efektif dan Efisien untuk melindungi Integritas dan pemakaian produk telekomunikasi : Hardware, Software dan Services
  • Menetapkan dan memelihara sekumpulan Persyaratan SMM
  • Mengurangi jumlah (bervariasinya) standar SMM telekomunikasi
  • Menentukan biaya efektif dan pengukuran kinerja untuk memandu progres dan evaluasi hasil penerapan SMM
  • Mengendalikan Peningkatan Berlanjut (Continual Improvement)
  • Memperkaya hubungan Pelanggan – supplier, dan
  • Memperjelas proses penilaian kesesuaian industri atas persyaratan yang ditentukan

Tujuan TL 9000

Tujuan dari TL 9000 adalah untuk menentukan Persyaratan SMM untuk Telekomunikasi dalam hal : Disain, Pengembangan, Produksi, Pengiriman (Delivery), Pemasangan (Instalasi), dan Pemeliharaan (Maintenance) produk : Hardware, Software, dan Service.

Termasuk didalamnya adalah Pengukuran Kinerja (Performance) yaitu : Penghitungan Kehandalan (Reliabilitas) dan Kinerja Mutu dari produk.

Dalam Jangka Panjang termasuk didalamnya perhitungan Biaya

Keuntungan penerapan TL 9000

supplier produk Telekomunikasi, para Pelanggan mereka, Penyedia Jasa, dan Pengguna akhir semuanya akan memperoleh keuntungan dari penerapan TL 9000.

Keuntungan yang dapat diharapkan adalah :

  • Peningkatan berlanjut dari pelayanan ke pengguna
  • Pengkayaan hubungan antara organisasi dan pelanggannya
  • Standarisasi persyaratan SMM
  • Manajemen yang efisien dari Audit eksternal dan Kunjungan di lokasi (site visit)
  • Pengukuran yang seragam (uniform)
  • Pengurangan biaya total dan Peningkatan daya kompetisi
  • Pengkayaan Manajemen dan peningkatan kinerja organisasi
  • Dimilikinya potret industri produk telekomunikasi

Hubungan TL 9000 dengan ISO 9001 dan Persyaratan lainnya

QuEST Forum (Quality Excellent for supplier Telecommunication) memelihara kesesuaian (Kompatibilitas) TL 9000 dengan seperangkat persyaratan dari standar-standar lain. TL 9000 menyediakan sekumpulan persyaratan khusus telekomunikasi yang dibangun menurut kerangka ISO 9001 : 2000

Karakteristik hubungan antara TL: 9000 dengan persyaratan lain adalah :

  • TL 9000 mengandung ISO 9001:2000 dan revisi masa depannya
  • Kesesuaian dengan TL 9000 dengan sendirinya memenuhi kesesuaian dengan persyaratan ISO 9001:2000
  • Kesesuaian dengan TL 9000 akan menghilangkan (eliminasi) keperluan untuk kesesuaian dengan standar-standar  Manajemen Mutu telekomunikasi  lainnya. Inilah tujuan dari QuEST Forum.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *