Bisnis dan organisasi tidak beroperasi dalam ruang hampa.Hubungan mereka dengan masyarakat dan lingkungan tempat mereka beroperasi merupakan faktor penting dalam kemampuan mereka untuk terus beroperasi secara efektif.Hal ini juga semakin digunakan sebagai ukuran kinerja keseluruhan mereka.

ISO 26000 memberikan panduan tentang bagaimana bisnis dan organisasi dapat beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial. Bertindak dengan cara yang etis dan transparan yang berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

ISO 26000: 2010 memberikan panduan dan persyaratan,sehingga tidak dapat disertifikasi tidak seperti beberapa standar ISO terkenal lainnya.Membantu menjelaskan tanggung jawab sosial, membantu bisnis dan organisasi menerjemahkan prinsip menjadi tindakan yang efektif dan membagikan praktik terbaik yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial, secara global, ditujukan untuk semua jenis organisasi terlepas dari aktivitas, ukuran atau lokasinya.

Standar ISO 26000bukan merupakan standar untuk sertifikasi yang memuat persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan/organisasi, namun lebih kepada penyediaan panduan teknis bagi perusahaan/organisasi dalam menerapkansocial responsibilitydengan mengacu kepada prinsip-prinsip sebagai berikut :

  • Akuntabilitas
  • Transparansi
  • Perilaku yang Beretika
  • MenghormatiKepentingan Stakeholder
  • Kepatuhanpada Hukum
  • Menghormati Norma-Norma Perilaku Internasional
  • Menghormati Hak Azasi Manusia

 

Source : iso.org

Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *